PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Ilmu pengetahuan dan Teknologi sangat berperan penting dalam dunia
pendidikan. Pada era keterbukaan ini Teknologi menjadi salah satu hal yang
sangat diagung-agungkan karena tidak adanya batas antara Negara satu dan Negara
yang lain, antara pulau yang satu dengan pulau yang lain sehingga ada pakar
yang berasumsi bahwa teknologi dapat menjadikan kekacauan yang sangat luar
biasa dalam negeri ini.
Ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai salah satu landasan
pendidikan, mengapa dikatakan demikian karena banyak pengajar yang dapat
mencari referensi atau literature sebagai bahan pembelajaran, ataupun sebagai
bahan ajar.
Akan tetapi, tidak sedikit juga dunia teknologi disalahgunakan oleh
orang-orang yang tak bertanggungjawab sehingga kekacauan yang disebutkan pada
paragraph sebelumnya akan nampak jelas.
Dampak dari perkembangan teknologi di Indonesia memiliki pengaruh
besar terhadap hakikat pendidikan kita, maka dari itu kita akan menjadikan ilmu
pengetahuan dan teknologi sebagai dewa yang diagung-agungkan.
Makalah ini akan membahas tentang peran teknolgi dalam dunia
pendidikan, dan dampak dari teknologi, dan mengapa IPTEK menjadi landasan
teknologi.
B.
Rumusan Masalah
Dari penjelasan
pada paragraph di atas, maka rumusan masalah dalam makalah ini yaitu.
1.
Bagaimana peran
teknologi dalam dunia pendidikan
2.
Apa dampak
teknologi dalam dunia pendidikan.
C.
Tujuan
Penulisan
1.
Untuk
mengetahui peran teknologi dalam dunia pendidikan
2.
Untuk
mengetahui sejauhmana dampak teknologi dalam dunia pendidikan
D.
Manfaat
Penulisan
1.
Agar dapat
mengetahui peran teknologi dalam dunia pendidikan
2.
Agar dapat
mengetahui dampak teknologi dalam dunia pendidikan
PEMBAHASAN
A.
Peran Teknologi
dalam Pendidikan
Tak bisa dipungkiri
bahwa kehidupan manusia dalam dekade ini dipengaruhi oleh teknologi. Era
keterbukaan ini tidak lagi mejauhkan diri seorang manusia dengan manusia lainnya,
tak ada lagi jarak yang membatasi kita dalam berinteraksi. Membina hubungan
manusia dengan manusia yang lain sebagai mahluk sosial.
Alat-alat teknologi menggantikan peran-peran strategis manusia.
Contohnya mesin-mesin yang dicipatakan untuk membantu manusia dalam mengerjakan
beberapa hal. Salah satunya adalah laptop. Dulunya kita hanya mengetahui
menulis dengan batu, tapi seiring perkembangan zaman maka digunakanlah pulpen
dan kertas, mesin tik dan saat ini laptop bukan lagi bara baru.
Untuk memudahkan proses pembelajaran maka alat-alat teknologi
sangat membantu para tenaga pengajar, karena dengan adanya Laptop dan LCD maka
secara garis besar pembelajaran dapat berjalan dengan baik.
Selain itu, pengaruh internet juga sangat berpengaruh dalam pembelajaran,
karena sebagai tenaga pengajar kita dapat mencari referensi atau literature.
Selain referensi dan literature kita juga dapat melihat beberapa contoh media
pembelajaran sehingga kompleksitas dan totalitas kita dalam proses pembelajaran
dapat berjalan dengan baik.
Augustholly (2010) menyatakan bahwa bukan menjadi sebuah rahasia lagi, bahwa terjadi kecenderungan baru
bagi pola pikir pelajar modern yang lebih memilih internet sebagai penyedia
informasi. Lebih Lanjut, perkembangan internet dalam dunia pendidikan telah
menghasilkan sebuah sistem pembelajaran yang atraktif dan inovatif yang disebut
dengan sistem pembelajaran jarak jauh.
Peran internet dalam proses pembelajaran adalah sebuah proses
pembelajaran yang inovatif bagi seorang tenaga pengajar dan sangat memiliki
peran yang sangat penting. Secara detail peranan internet di dalam dunia
pendidikan khususnya bagi guru adalah sebagai berikut :
1.
Meningkatkan
pengetahuan
2.
Berbagi sumber
dengan seprofesi
3.
Kerjasama
dengan guru diluar negeri
4.
Partisipasi
dalam forum pendidikan
5.
Sumber bahan
ajar
B.
Dampak Teknologi
dalam Dunia
Pendidikan
Kalau kita berbicara tentang dampak. Pastinya yang ada di kepala
kita adalah positif dan negatif. Pada penjelasan di atas, dapat kita analisa
bahwa dampak positif teknologi dalam pendidikan sangatlah luar biasa. Maka dari
itu kami tak perlu lagi berbicara tentang dampak postif. Maka mari kita kaji
dampak negative teknologi dalam dunia pendidikan.
Kalau kita melihat beberapa kasus di TV, maka kita akan mulai
mengkritik perkembangan zaman saat ini. Teknologi tidak hanya memainkan
peran-peran strategis dalam menggantikan posisi manusia. Akan tetapi juga
memiliki dampak negatif.
Kita tentu sama-sama mendengar sebuah peristiwa yang tak asing bagi
kita, kasus-kasus yang mencoreng nama pendidikan karena melihat situs-situs
dalam dunia maya.
Produk-produk kapitalis telah menjadi virus bagi kita. Kalau mau
disingkronkan dengan penjajahan maka kita tidak lagi dijajah dengan fisik
tetapi kita telah diserang secara psikis.
Seiring perkembangan zaman, teknologi telah menguasai dunia, bahkan
tak ada lagi sekat yang dapat membatasi Negara yang satu dengan Negara yang
lain, ini dapat dibuktikan dengan munculnya berbagai media elektornik, media sosial yang
membawa perubahan. Kemajuan teknologi telah menjamur di Negara Indonesia, ada
yang melansir bahwa penggunaan Teknologi lebih banyak digunakan oleh orang
Indonesia, ini menandakan bahwa orang Indonesia memiliki pemikiran cerdas
sehingga ingin mengetahui perkembangan dunia.
Teknologi tidak selamanya berdampak positif pada pendidikan, akan
tetapi juga berdampak negative, salah satu contoh alat teknologi yang berdampak
negative dalam sisi penggunaannya, yaitu Handphone sementara alat teknologi
yang membawa pengaruh besar terhadap pendidikan adalah TV, dan Internet.
Mengapa demikian? Karena hampir tiap hari peserta didik berada di depan TV pada
saat dirumahnya, ada sebuah anekdot, Salah satu guru mempertanyakan siapa nama
presiden pertama kita? Siswa itu tak menjawab, tetapi ketika ditanya, siapa
nama artis yang digosipkna tidak jadi menikah dengan Vicky? Maka mereka
serentak menjawab Zaskia. Ini berarti patron utama dalam mengubah pola piker,
pola tingkah laku, pola kecerdasan salah satunya adalah TV.
Sama halnya dengan internet, beberapa kasus-kasus yang muncul dan
mencoreng nama pendidikan adalah kasus-kasus asusila yang berasal dari dampak
internet, contohnya kasus pelecehan seksual, dan lainnya.
Selain dampak negatif yang
telah dikemukakan di atas, Teknologi juga memiliki dampak positif yang membawa
perubahan ke arah yang lebih baik, contohnya pemanfaatan internet sebagai media
belajar, pemanfaatan internet untuk mencari referensi ilmu pengetahuan.
C.
Ilmu
pengetahuan dan teknologi sebagai landasan pendidikan
Baiquni
menyatakan ilmu pengetahuan atau sains adalah himpunan pengetahuan manusia yang
dikumpulkan melalui proses pengkajian dan dapat diterima rasio, artinya dapat
dinalar. Dengan kata lain ilmu pengetahuan adalah himpunan rasionalitas
kolektif insani.
Ilmu
pengetahuan dan teknologi yang dimiliki manusia sekarang telah berlangsung
dalam lintasan sejarah yang cukup panjang. Sejak kurang lebih abad ke tiga
sebelum Masehi, ilmu pengetahuan telah berusaha dikembangkan oleh para filsuf
Yunani kuno. Sedangkan teknologi baru mulai sejak Zaman renaisance.
Pertanyaannya adalah mengapa ilmu pengetahuan dan teknologi dikatakan sebagai
salah satu landasan dalam pendidikan?
Keberadaan ilmu
pengetahuan dan teknologi merupakan akibat langsung dari eksistensi manusia
yang kemudian membentuk historisitas pendidikan sejak lahir sampai mati. Jadi,
jika manusia tidak eksis dalam rentetan panjang kependidikan, sesungguhnya ilmu
pengetahuan dan teknologi tidak mungkin ada.
Ilmu pengetahuan dan teknologi adalah suatu sistem intelektual pemberdayaan
manusia yang dihasilkan dari sistem kegiatan pendidikan. Dengan ilmu
pengetahuan dan teknologi, segala perubahan yang direncanakan oleh pendidikan
dapat dikerjakan. (Suparlan Suhartono, Filsafat Pendidikan; AR-RUZZ MEDIA: Yogyakarta,
2009), hal. 111.
Fakta
membuktikan bahwa teknologi mampu mempraktikkan teori ilmu dalam sistem
perindustrian. Dengan perindustrian, dinamika kehidupan manusia mengalami
perubahan yang begitu cepat. Dengan teknologi dan perindustrian, kini manusia seolah-olah
bisa melakukan semua hal sesuai dengan yang dikehendaki. Ada yang berpendapat
bahwa dengan teknologi dan industri, manusia semakin mampu untuk membuktikan
bahwa dirinya adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling istimewa.
Dalam hubungannya dengan pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi mendukung
tanggungjawab untuk membudayakan eksistensi kehidupan manusia. Artinya: dengan
peralatan ilmu pengetahuan dan teknologi, manusia semakin lebih berpeluang
untuk menciptakan perubahan-perubahan yang bermanfaat bagi kehidupan yang lebih
berkembang dan maju. Perkembangan di bidang ilmu pengetahuan misalnya, telah
mampu memberikan manusia paradigma-paradigma yang baru. Sebagai contoh: dulunya
manusia menganggap bahwa adalah mustahil kita bisa sampai ke bulan, namun
ternyata pada abad 20 karena pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi, orang bisa merakit sebuah pesawat dan bisa sampai di bulan (pesawat
Apollo yang dikendarai Neil Amstrong dapat sampai ke bulan).
Selain itu, dengan teknologi, pendidikan mampu membuat perubahan; dan dengan
pendidikan, teknologi diharapakan mampu membuat kehidupan semakin berkembang
dan maju. Berkembang dan maju dalam arti bernilai kultural manusiawi, sehingga
segala kebutuhan hidup dapat lebih mudah dicukupi dan dapat dimanfaatkan secara
adil dan merata. Dengan pendidikan teknologi, jalan menuju kesejahteraan umum
semakin terbuka.
Dengan adanya teknologi, manusia mampu menciptakan berbagai mesin dan alat-alat elektronik yang bisa menunjang pendidikan. Misalnya: mesin foto copy, komputer, LCD, internet dan lainnya. Tentunya semua sarana ini sangat memberikan sumbangan yang berarti bagi pendidikan manusia sehingga pola pikir manusia bisa berkembang dan maju dalam segala segi kehidupan manusia.
DAFTAR PUSTAKA
August, 2013. Peran internet dalam dunia pendidikan langkah menuju
pembelajaran modern. http//augustholly.student.umm.ac.id.
Wahyudin. Udin. Tanpa
tahun. Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi
Sebagai Landasan Pendidikan Nasional. aliabupomai.blogspot.com/
.